Kamis, 02 Juli 2009

PEKANBARU, RIAU POS - (RP) – Hingga akhir Mei 2009 tercatat kasus positif malaria di Riau tercatat diderita sebanyak 613 orang, berdasarkan data yang ada, kasus terbanyak positif malaria banyak ditemukan di Rokan Hilir yang mencapai 216 kasus.

Sementara di peringkat kedua kasus positif penderita malaria di Dumai sebanyak 161 orang, peringkat ketiga di Indragiri Hilir berjumlah sebanyak 60 orang positif malaria, sementara untuk peringkat keempat di Pelalawan sebanyak 57 orang dan peringkat kelima di Siak yang berjumlah sebanyak 31 orang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dr Ernawati Balia Mph kepada Riau Pos, Selasa (30/6) di ruang kerjanya. “Hingga akhir Mei 2009 ini, berdasarkan dari data yang diambil dari setiap puskesmas di setiap Kabupaten di Riau, kasus tertinggi positif malaria berada di Kabupaten Rokan Hilir. Sementara untuk Kota Pekanbaru sendiri untuk akhir Mei 2009 kasus malaria masih belum ada,” jelasnya.

Dia menjelaskan, timbulnya penyakit malaria di sebabkan hanya oleh gigitan nyamuk dan gejala awal penderita malaria diawali dengan badan menggigil, kemudian demam yang tak turun-turun kemudian sakit pada ulu hati dan badan juga berkeringat.