Jumat, 27 Februari 2009

PEKANBARU-Keberhasilan Kota Pekanbaru dalam kebersihan yang terbukti dengan meraih Piala Adipura empat kali berturut turut, serta keberhasilan memberlakukan kantor satu atap pelayanan bagi masyarakat ternyata menjadi daya tarik bagi pemerintah daerah daerah lainnya di Indonesia. Buktinya, banyak pemerintah daerah atau lembaga eksekutifnya yang berkunjung melihat langsung dan belajar ke Kota Pekanbaru.

Seperti hari ini, Jumat (27/2), ada dua daerah yang berkunjung ke Pemko Pekanbaru. Antara lain dari Pemkot Cilegon dan DPRD Tangerang. Kedua daerah itu sama sama ingin belajar kepada Pemko Pekanbaru tentang bagaimana upaya menciptakan kebersihan kota, dan terkait pelayanan perizinan.

Kepala Bagian Pemerintahan Pemko Pekanbaru, H. Kendi Harahap, ketika diwawancarai di kantornya, Jumat (28/2) mengatakan, kunjungan dua daerah tersebut datang secara bersamaan. Jumlahnya, kata Kendi, dari Pemkot Cilegon sebanyak 85 orang, sedangkan DPRD Tangerang sebanyak 20 orang.

Kendi mengakui selama beberapa tahun terakhir memang cukup banyak daerah, baik eksekutif atau legislatifnya yang datang berkunjung ke Kota Pekanbaru. Hal itu kata Kendi, cukup membuktikan bahwa Kota Pekanbaru memang sudah cukup terkenal. "Buktinya mereka datang mau belajar ke kita, artinya mereka menilai kita cukup berhasil menjalankan program," ungkap Kendi.

Terkait kunjungan pemerintah daerah lain ke Pemko Pekanbaru dalam rangka study banding, menurut Kendi, pada tahun 2008 lalu jumlahnya cukup banyak yakni mencapai 80 daerah. Kebanyakan yang berkunjung adalah DPRD-nya. Untuk tahun 2009 ini, dalam dua bulan ini sudah ada empat daerah yang berkunjung.

Terkait penyambutan yang dilakukan Pemko Pekanbaru, menurut Kendi, dilakukan biasa-biasa saja. Salah satunya tentu melakukan dialog atau tukar pikiran, dan membawa berkunjung ke tempat yang ingin dilihat atau dipantau. (sofian/pemko)