Selasa, 05 Mei 2009

Siak, Fakta Post – Keinginan Pemerintah Kabupaten Siak untuk mengembangkan objek wisata baru nampaknya didukung oleh Pemerintah Propinsi Riau dan tahun ini sudah dianggarkan melalui APBD Riau sebesar 1 miliar untuk pembangunan aula serba guna. Pada tahun ini pembangunannya akan direalisasikan dan dari Pemkab Siak akan mencari lahan yang sesuai untuk lokasi pembangunan gedung serbaguna tersebut.

KAWASAN Ekowisata Mempura (KEM) merupakan kawasan perkampungan yang akan dijadikan objek Wisata alam yang didukung oleh kemampuan masyarakatnya berpartisipasi lansung mengembangkan kawasan ini. Makanya jika ada gedung serba guna, maka seluruh kegiatan seni akan dipusatkan di KEM, sehingga masyarakat luas mengetahui keberadaan KEM yang sudah dikembangkan dalam beberapa bulan ini. “Alhamdulillah ada bantuan dari Provinsi untuk membangun gedung serbaguna guna kegiatan kesenian maupun kegiatan lain. Jika gedung serbaguna dapat segera dibangun, maka seluruh kegiatan Pemkab Siak akan dipusatkan disana,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Drs. H. Wan Bukhari, pekan lalu di Siak.

Menurut Wan Bukhari, konsep Kawasan Ekowisata Mempura ini akan tetap memelihara dan menjaga serta menyempurnakan alam semula jadi, sehingga nanti bisa memberikan konstribusi perkembangan Wisata daerah, dan satu objek wisata unggulan baru disamping objek wisata yang ada. Karena objek wisata Istana Siak saat ini tidak bisa diapa-apakan lagi karena orang yang berkunjung kesana tidaklah banyak.