Jumat, 26 Juni 2009

PEKANBARU, RIAU POS. – KEDATANGAN tamu istimewa 83 Wali Kota se-Indonesia benar-benar diberi kejutan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Puluhan walikota yang tiba di Pekanbaru disuguhkan dengan jamuan makan malam hiburan khas daerah Pekanbaru dan Riau umumnya.

Jamuan yang diberi nama welcome Party Apeksi, Kamis (25/6) malam kemaren benar-benar luar biasa. Taman Wisata Alam Mayang yang biasanya ramai pada siang hari benar-benar disulap menjadi taman yang riuh pada malam hari. Sepanjang jalan masuk ke lokasi Party disemarakan dengan gantungan lampu colok dan pohon-pohon kayu yang ada di dalam taman wisata kebanggaan Pekanbaru itu dihiasi dengan lampu yang bergemerlapan.

Pada malam Welcome Party yang dihadiri langsung Wakil Gubernur Riau dan seluruh walikota ini benar-benar memadati tenda yang telah disediakan panitia lokal. Malam ramah tamah yang disuguhkan berbagai kesenian, terutama pertunjukan Songket Riau dan Batik Riau ini kemarin juga diselingi dengan nyanyian lagu daerah Riau dan beberapa daerah di Indonesia.

Setelah tari persembahan dilaksanakan, seluruh tamu terutama 83 walikota bersama istrinya dipersilakan untuk mengecapi berbagai hidangan khas Riau. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan tradisi melayu. “setiap tamu yang datang harus dihormati dan dijamu dengan baik,” kata Mambang Mit kepada ratusan tamu yang hadir pada malam Party itu.

Walikota Pekanbaru, Drs H. Herman Abdullah MM sambutannya dalam acara ini, merupakan kegiatan ramah tamah. “Saya berharap para walikota betah di Pekanbaru,” ungkap Herman Abdullah.

Ia juga menyampaikan, Rakernas yang diadakan di Pekanbaru ini bukan saja membahas perkembangan kota dari masing-masing. Akan tetapi juga membahas kebijakan pusat terhadap daerah. “Nanti inilah pembahasan yang akan kita lakukan saat Rakernas besok (26/6/09),” ujarnya.