Senin, 08 Juni 2009

PEKANBARU - RIAU POS. Warga Kota Pekanbaru bisa berbangga, karena untuk kelima kalinya, Pekanbaru terpilih sebagai kota terbersih untuk kategori kota besar. Dan Jumat (5/6) lalu, Walikota Pekanbaru Herman Abdullah, menerima lansung Piala Adipura ke-5 (Kencana) bidang kebersihan tersebut di Jakarta, lansung dari tangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat penyerahan piala itu, Presiden SBY berpesan kepada Walikota agar tetap mempertahankan prestasi yang telah diraih, dan bahkan harus bisa ditingkatkan. Kota Pekanbaru terpilih sebagai kota terbersih urutan pertama dari kota-kota besar lainnya, yakni Padang dan Batam. Piala Adipura Kencana ini sampai di Pekanbaru Sabtu (6/6) siang, dan lansung diarak keliling kota.

Prosesi dan rute arak-arakan ini dimulai dari Bandara SSK II, kemudian dilanjutkan ke Jalan Sudirman sampai ke Pelita Pantai, lalu kembali ke arah kota dan berakhir di halaman Kantor Walikota Pekanbaru. Di halaman kantor Walikota, diadakan acara penyambutan. Piala itu kemudian diserahkan kepada Sekda, lalu diserahkan kepada perwakilan DPRD Kota Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pencapaian prestasi Adipura Kencana. Khususnya kepada para petugas kebersihan yang sering disebut pasukan kuning, yang terjun lansung sebagai penjaga kebersihan kota ini. “Dengan piala ini, diharapkan seluruh warga kota makin meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan kota. Karena tanpa peran serta warga, Pekanbaru tidak akan merebut piala Adipura Kencana,” ujar Wali Kota.