Jumat, 26 Juni 2009

PEKANBARU - RIAU POS (RP) – 30 Mahasiswa pascasarjana dari Akademi Pengkajian Melayu University Malaya (APM-UM), melakukan pengkajian terhadap Budaya Melayu Riau di Universitas Riau (UNRI). Pengkajian yang dilakukan ini meliputi dari berbagai hal yang menyangkut tentang budaya Melayu, khususnya Riau.

Menurut salah seorang pelajar mahasiswa pascasarjana APM-UM Ahmad bin Mansyur, pengkajian yang dilakukannya terkait budaya Melayu Riau yang dilatarbelakangi budaya serumpun. Selain itu, disebabkan Melayu di Riau ini beraneka ragam, baik dari suku, adat istiadat, dan sebagainya.

“Kami sempat mengunjungi Petalangan beberapa waktu yang lalu. Disana kami banyak belajar tentang budaya Melayu, terutama menyangkut dengan budaya Melayu di Riau,” kata Ahmad yang merupakan ketua rombongan mahasiswa APM-UM kepada Riau Pos Rabu (24/6).

Setelah itu, dari kajian yang dilakukan, akan dituangkan ke dalam bentuk seminar berupa penyampaian kertas kerja (makalah) kepada para pelajar lainnya. Untuk melengkapi dan sharing informasi, pihak UM akan menjalin kerja sama bersama Universitas Riau (Unri).

“Sebelumnya, pihak Unri telah melakukan pengkajian terhadap Budaya Melayu, dan hasilnya telah kami ketahui. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kami melakukan pengkajian bersama Unri untuk mengkaji budaya Melayu lebih dalam,” ujarnya disela kegiatan seminar bersama dengan tema, Mengantar-Bangsakan Pengkajian Melayu.