Selasa, 21 April 2009

PEKANBARU (RP) - Investor asal Malaysia di bawah naungan Koperasi Serbaguna Anak-Anak Selangor Berhad (Kosas), berminat membeli nenas dari Riau. Sayangnya, nenas yang berasal dari Riau tersebut memiliki kadar air yang sangat rendah, padahal setiap minggunya koperasi ini memerlukan setidaknya satu kontainer nenas.

Difasilitasi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau H Arsyajuliandi Rachman, sejumlah pengurus Kosas bertemu dengan Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP di kediaman gubernur, Senin (20/4). Selain berminat membeli nenas, Kosas juga berminat mengembangkan lapangan golf skala internasional.

‘’Kita menyambut baik keinginan mereka. Kosas tadi berminat membeli nenas untuk selanjutnya diolah menjadi bahan baku jus nenas. Selain itu mereka juga berminat membangun lapangan golf berkala internasional,’’ tutur Gubernur.

Mereka juga sudah melihat kebun nenas milik masyarakat di Kualu dan melihat dua lapangan golf yang ada di Riau masing-masing di daerah Palas dan Kubang. ‘’Kita meminta agar mereka mengembangkan lapangan golf yang sudah ada, karena untuk membuka baru tentu memerlukan lahan yang cukup luas,’’ tuturnya.

Dalam pada itu ketua Kosas Dato’ Hj Mohd Aini Hj Taib ditemui usai pertemuan mengatakan, keinginan mereka untuk membeli nenas dari Riau itu mengingat jarak Riau dengan Selangor tidak begitu juga. Kosas memerlukan nenas dalam jumlah yang cukup besar satu minggunya diperlukan satu kontainer nenas.

‘’Kami sudah melihat kebun nenas di Kampar, namun kadar airnya sangat sedikit, karena yang akan kami buat adalah jus nenas, nenas yang diperlukan adalah nenas dengan kadar air yang banyak. Akan tetapi kami diinformasikan tadi oleh Bapak Gubernur di daerah lain, karena itu kami akan tengok ke sana,’’ ujarnya.

Kosas juga, tambahnya lagi, berminat membangun lapangan golf di Riau. Mengapa, karena selama ini banyak warga negara Malaysia yang bermain golf ke Jakarta, padahal jarak Selangor khususnya dan Malaysia umumnya dengan Jakarta cukup jauh, jika lapangan itu dibangun di Riau tentu akan lebih memudahkan masyarakat Malaysia untuk bermain golf di daerah ini.(gem)