Selasa, 21 April 2009

Riau Pos - PEMERINTAH Kota (Pemko) Pekanbaru ternyata masih kekurangan 3.000 pegawai lagi. Untuk memenuhi jumlah tersebut, Pemko mengusulkan 734 tambahan pegawai pada penerimaan CPNS 2009. Jumlah tersebut dirincikan, sebanyak 572 untuk guru, tenaga kesehatan 84 orang dan teknis lainnya 78 orang. Pemko sendiri telah mengajukan pengusulan formasi pegawai 2009 tersebut kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men PAN) tertanggal 8 Desember lalu.

Hal ini dikemukakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru Drs. H. Hermanius kepada Wartawan, Jumat (17/4). Ia mengemukakan kekurangan pegawai Pemko Pekanbaru jika diukur dari ideal berkisar 3.000 CPNS. Asumsinya, jelas Hermanius, menurut rasionya, jumlah pegawai melayani masyarakat idealnya 1,5 persen dari jumlah penduduk.

“Jadi dari sekitar 779 ribu penduduk Kota Pekanbaru, setidaknya jumlah pegawai itu 12 ribu, yang ada saat ini baru sekitar 9.000 pegawai, sehingga masih kurang 3.000. makanya penerimaan dilakukan secara bertahap dan setidaknya dalam jangka waktu lima tahun bisa terpenuhi. Untuk formasi 2009 ini, sudah kita usulkan ke BKN dan Men-PAN,” ujarnya. Dirincikan kemudian, 572 tenaga guru, 393 diantaranya untuk tenaga guru sekolah dasar, 66 guru SMP sederajat, 51 untuk tenaga SMA dan 62 untuk tenaga SMK. Untuk tenaga teknis lainnya, Hermanius tidak merincikannya namun mengatakan diutamakan tenaga Akuntansi karena Pemko banyak kekurangan untuk pelaporan penatausahaan laporan kegiatan.

Tentang kapan jadwal penerimaan CPNS 2009, Hermanius menyatakan bahwa informasi tersebut belum didapat dari pusat. Sejauh ini kata dia, BKN, Men-PAN dan daerah-daerah hanya sekedar melakukan rapat koordinasi. “Kalau kapan jadwal penerimaanya, kita belum bisa pastikan karena harus menunggu jadwal pasti dari pemerintah pusat. Sebelum keterangan resmi dari pusat turun, kita tidak berani mempublikasikannya,” terang Hermanius.

Terhadap kekurangan pegawai di lingkungan Pemko, Hermanius katakan semakin tahun akan semakin banyak. Disamping jumlah penduduk bertambah dengan signifikan, juga jumlah pegawai yang memasuki usia pensiun setiap tahunnya berjumlah ratusan.