Jumat, 24 April 2009

PEKANBARU (RP) –Elevasi permukaan air di sejumlah sungai di Riau saat ini dalam status awas, hal ini dikarenakan tingginya tingkat curah hujan di sejumlah di kawasan di Riau. Hanya saja, status awas itu hanya terjadi di beberapa ruas dan titik saja. Kepala Sub Dinas (Kasubdin) Sungai, Rawa, Pantai dan Danau (Surapada) Dadi Komardi di Pekanbaru kemarin mengatakan, untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak kondisinya masih normal, meskipun demikian kewaspadaan harus tetap di tingkatkan.

“Sejumlah kawasan statusnya dalam keadaan awas, kerena itu kewaspadaan harus ditingkatkan, jika hujan turun status awas itu bisa menjadi banjir, jika ini terjadi tentu akan membawa dampak dan resiko yang sedikit lebih besar,” tuturnya. Ia menyebutkan, untuk status awas di DAS Kampar terletak di Gunung Sahilan atau Lipat Kain, saat ini elevasi muka airnya 18,06 jika elevasi airnya sudah diatas itu, maka daerah itu akan banjir. “untuk daerah ini kondisi airnya sudah mulai surut,” tuturnya lagi.

Sedangkan untuk Rokan Hulu, status awas berada di daerah Pasir Pangarayan sedangkan di bagian hilirnya, kondisi air normal. Sementara DAS Siak, kondisi awas di daerah Pantai Cermin dan Kota Garo, sedangkan di daerah Meranti Pandak masih dalam keadaan normal, meskipun begitu kewaspadaan tetap juga harus di tingkatkan.

“DAS lainnya memang masih dalam kondisi normal, akan tetapi kewaspadaan harus harus senantiasa ditingkatkan. Masyarakat harus waspada selalu waspada dan bersiap-siap jika kemungkinan banjir terjadi. Apalagi di daerah-daerah yang selama ini menjadi langganan banjir.”tuturnya.