Jumat, 27 Februari 2009

Riauterkini-PEKANBARU-Pemko Pekanbaru meminta Pemprov memprioritaskan pembangunan Pekanbaru dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Riau 2009-2013 mendatang. Permintaan tersebut disampaikan langsung Walikota Pekanbaru Herman Abdullah kepada Kepala Bappeda Riau, Emrizal Pakis dan tim pengkaji RPJMD, di aula kantor walikota, Jumat (27/2).

"Pekanbaru harus lebih baik dibanding daerah lain. Karena Pekanbaru merupakan wajah Riau sebagai ibukota provinsi Riau," ujar Herman di depan forum. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Walikota Erizal Muluk, Kepala Bappeda Yusman Amin, Kepala BAdan, Kepala Dinas dan Camat se-Kota Pekanbaru.

Pembangunan yang diusulkan baik oleh walikota, jajaran pemko dan konsultan antara lain pembangunan Kawasan Industri Tenayan, Outer ringroad, fly over, jembatan Siak III dan Siak IV. Selain itu, pembangunan jaringan listrik dan air bersih, merupakan kebutuhan dasar yang harus dibangun selain jaringan telepon.

Kepala Bappeda Riau Emrizal Pakis yang mendengar semua usulan tersebut, mengaku akan melakukan pembahasan serius. Untuk KIT, Emrizal minta Pemko menyiapkan kekhususan kawasan tersebut. Apa yang bisa dijual disana. Sedang untuk Jembatan Siak III, Pemprov sudah menargetkan selesai 2011 mendatang. Jembatan Siak IV, sudah dimulai pembangunannya tahun ini. "Berdoa saja, dari dana stimulus Rp350 miliar ada dana pembangunan jembatan Siak IV," jelasnya.

RPJMD Riau sendiri ditargetkan selesai April mendatang. Tim pengkajian selain ahli dari Pekanbaru seperti Rusdi Ilyas, Detri KArya dan Ihsan, masih ditambah dua tenaga ahli ITB.***(sari)